Friday, September 5, 2014

Keturunan Dinasti Kuru






Keturunan Dinasti Kuru (Mahabharata)



Mahabharat merupakan suatu kisah drama kolosal Konflik Berat antara Korawa dan Pandawa untuk merebut tahta astinapura. Garis Keturunan dimulai Dari Raja Santanu dengan Dewi Gangga mempunyai anak bernama Dewa Brata/Bisma. Kemudian Santanu menikah dengan seorang anak nelayan bernama Satyawati Mempunyai anak bernama Citrangada dan Wicitrawirya.
Santanu meninggal karena sakit dan digantikan oleh Citrangada, Citrangada mati di usia muda. Dan tahta Astinapura depegang oleh Wicitrawirya. Wicitrawirya menikah dengan 3 orang putri. Karena meninggal Wicitrawirya tidak mempunyai keturunan, maka dengan bantuan Begawan Whiyasa kedua istri dari wicitrawirya dapat mempunyai keturunan. Anak yang pertama dilahirkan Buta bernama Dhitarastra, anak yang kedua bernama Pandu, dan Akibat dari sihir tersebut Salah satu pelayan mempunyai anak yang diberi nama Widura. Karena terlahir buta yang dijadikan pewaris adalah Pandu yang menikah dengan Kunti dan Madri. Raja Pandu memiliki 5 orang anak yang disebut Pandawa

Kunti     : Yudistira
                 Bima
                 Arjuna
Madri    : Nakula
                  Sahadewa

Karena terkena kutukan akibat memanah bramana yang menjelma menjadi seekor kijang emas maka Raja Pandu meninggal. Dan tahta Astinapura dipegang oleh Raja Dhitarastra yang menikah dengan putri Ghandari dari kerajaan Ghandara. Raja Dhistarasta mempunyai seratus orang anak yang disebut Korawa yang tertua bernama Duryodana. Pandawa dan Korawa saling bermusuhan dan menyebabkan peperangan luar biasa di lapangan Kurusetra perang ini disebut perang Bharatayuda. Akhir dari perang ini dimenangkan oleh pihak Pandawa.
Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment

Script Histats disini / Script Lainnya