Friday, April 10, 2015

Tarian Sakral "Calonarang"


Dalam budaya kesenian Bali, sangat terkenl dengan istilah Calonarang. Calonarang merupakan salah satu kesenian Bali yang dipentaskan dalam bentuk teater yang mengisahkan pertempuran Barong dengan Rangda





“Calonarang” juga dapat diibaratkan sebagai  salah satu tarian sakral dari Bali yang sangat banyak digemari oleh masyrakat Bali dan umum. Selain dari segi cerita yang menarik, pada tarian ini juga seringkali menampilkan adegan-adegan yang sangat menegangkan yang mengandung unsur magis yang membuat tarian ini semakin diminati. Disebutkan dalam sastra bahwa ini adalah bersifat ritual dan magis yang pada intinya merupakan perpaduan dari tiga unsur penting, yakni Babarongan diwakili oleh Barong Ket, Rangda dan Celuluk, Unsur Pagambuhan diwakili oleh Condong, Putri, Patih Manis (Panji) dan Patih Keras (Pandung) dan Palegongan diwakili oleh Sisiya-sisiya (murid-murid).




Calonarang ini sering dipentaskan pada upacara-upacara Yadnya (Agama Hindu)  yang berfungsi untuk Napak Pertiwi (Menyentuh Tanah) bagi Para Bhatara dan Bhatari. Dalam istilah Bali mengenah dengan istilah Rwa Bhineda yang berarti Perbedaan Baik dengan Buruk, hal ini dapat digambarkan dalam pementasan Calonarang (Barong Ket dengan Rangda). Awal mula terciptanya Calonarang adalah ketika para leluruh yang meyakini adanya Rwa Bhineda yang digabungkan dengan seni dan terciptanya pementasan Tarian Sakral Calonarang.

2 comments :

  1. Angga posting juga tari sakral yang lain selain 'Tari Calon Narang'

    ReplyDelete
  2. Angga posting juga tari sakral yang lain selain 'Tari Calon Narang'

    ReplyDelete

Script Histats disini / Script Lainnya