Sunday, April 19, 2015

Pengertian dan Tehnik dasar Lompat Jauh



Lompat Jauh
Gambar aktifitas lompat jauh : www.zairedin.com

Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga Atleik, yang sering diperlombakan, baik di ajang Internasional dan Nasional. Lompat jauh adalah bentuk gerakan melompat dengan mengangkat kedua kaki ke depan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin melayang di udara yang dilakukan dengan cepat melalui tolakan satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya. Acuan penilaian dalam olahraga lompat jauh adalah tehnik awalan, tumpuan, serta tehnik pendaratan, jika semua dilakukan dengan baik dan benar maka panjang lompatan akan semakin baik dan jauh. Didalam Lompat jauh terdapat gaya-gaya yang menunjang yaitu  gaya jongkok, gaya menggantung, dan gaya berjalan di udara.

TEHNIK DASAR

Dalam aktifitas lompat jauh, terdapat empat tehnik yang perlu diperhatikan agar lompat jauh berlangsung dengan baik. Adapun tehnik-tehnik dasar dalam lompat jauh adalah sebagai berikut :

AWALAN

Awalan lari dalam lompat jauh dilakukan dengan meningkatkan kecepatan lari secara terkendali dan teratur untuk melakukan tolakan. Jarak awalan yang baik yakni sekitar 40-45 m dengan melakukan percepatan saat semakin mendekat dengan papan tolak, irama lari juga harus diperhatikan untuk kefektifan tolakan. Pada saat mendekati papan tolakan, yaitu sekitar 3–5  langkah  terakhir dipersiapkan untuk mengalihkan kecepatan gerak horizontal atau lari awalan kepada kecepatan vertikal (tolakan) dengan langkah pendek untuk mengakhirinya.

TOLAKAN

Tolakan dalam lompat jauh dilakukan sebagai tahap pengalihan telapak kaki tolak untuk lepas landas. Tujuannya, yaitu menghasilkan gerak mengangkat tubuh ke atas agar terhempas sehingga menimbulkan gerak melayang di udara. Saat akan melakukan tolakan, kaki tolak sedikit dibengkokkan, menapakkan kaki, dan meluruskan tungkai untuk lepas landas. Gerakan tolakan memerlukan kecepatan, kekuatan, dan koordinasi gerakan yang memadai sehingga gerakannya lebih efektif.

MELAYANG DI UDARA

Gerakan kaki yang berjalan selama melayang di udara akan memudahkan atlit untuk mempersiapkan pendaratan yang baik. Pada umumnya untuk Memelihara keseimbangan badan saat melayang, mengusahakan tahanan udara sekecil mungkin, Mengusahakan melayang di udara selama mungkin, Mempersiapkan kaki untuk pendaratan.

PENDARATAN

Pada waktu melakukan pendaratan (landing), Pada waktu mendarat sebaiknya tubuh dijatuhkan ke depan setelah kaki menyentuh tanah. Hal ini dilakukan karena jauhnya lompatan adalah  diukur dari bagian tubuh yang paling belakang. Ketiga gaya tersebut sama dalam melakuikan pendaratan. Serta hal yang harus diperhatikan dengan seksama dalam melakukan pendaratan adalah posisi kaki, kordinasi gerak badan, dan titik darat, jika semua dilakukan dengan baik maka proses pendaratan akan berlangsung dengan baik tanap mengurangi jarak lompatan.


2 comments :

Script Histats disini / Script Lainnya