Thursday, April 23, 2015

Prinsip-Prinsip Klasifikasi (IPA IX)

Prinsip-Prinsip Klasifikasi

 Keanekaragaman mahluk hidup dibutuhkan suatu metode untuk mengelompokkan mahluk hidup. Klasifikasi adalah sistematika cara untuk mempelajari mahluk hidup dengan memperhatikan persamaan, perbedaan ciri khusus dan sifat yang tampak atau yang dapat dikenali. Ilmu yang mempelajari klasifikasi tersebut dinamakan taksonomi. Sistem klasifikasi mahluk hidup dapat dibedakan menjadi 3, dengan dasar pengelompokan yang berbeda. Kali ini Pustaka Angga akan memposting tentang “Prinsip-Prinsip Klasifikasi” sebagai berikut :


Sistem Klasifikasi “Alami”
Persamaan ciri morfologi. Misalnya, Theopratus membagi tumbuhan dalam 4 kelompok, yaitu pohon, perdu/semak, setengah perdu/setengah semak, dan Herba.

Sistem Klasifikasi “Buatan”
Satu atau sedikit persamaan morfologi reproduksi, lingkungan tempat tumbuh, dan daerah penyebaran tanpa memperhatikankesamaan strukturnya. Misalnya, pengelompokkan tumbuhan berdasarkan bentuk daun, warna bunga, lingkungan tempat tumbuh, dan daerah penyebarannya.

Sistem Klasifikasi “Filogenetik”
Jauh atau dekatnya kekerabatan berdasarkan persamaan fenotip, fisiologis, tingkah laku, dan hubungan evolusi.

Sistem klasifikasi berdasarkan Filogenetik menghadirkan tingkatan klasifikasi mahluk hidup. Kelompok klasifikasi dengan persamaan fenotip terbanyak adalah spesies yang memiliki kesamaan fenotip terbanyak adalah spesies. Berbagai macam spesies yang memiliki kesamaan fenotip terbanyak disebut famili. Selanjutnya, beberapa famili yang memiliki persamaan fenotip terbanak disebut ordo, ordo yang memiliki persamaan fenotip terbanyak disebut kelas dan seterusnya sampai tingkatan yang paling tinggi. Demikian artikel dari Pustaka Angga mengenai “Prinsip-PrinsipKlasifikasi”.

Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment

Script Histats disini / Script Lainnya