Thursday, June 4, 2015

Energi Kinetik (IPA Kelas 7)

Energi Kinetik (IPA Kelas 7)
Energi Kinetik

Hai Sobat , kali ini Pustaka Angga akan memposting tentang ”Pengertian Energi Kinetik dan Contoh-contohnya. Energi kinetis atau energi gerak (juga disebut energi kinetik) adalah energi yang dimiliki oleh sebuah benda karena gerakannya.
Energi kinetis sebuah benda didefinisikan sebagai usaha yang dibutuhkan untuk menggerakkan sebuah benda dengan massa tertentu dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan tertentu.


Energi kinetis sebuah benda sama dengan jumlah usaha yang diperlukan untuk menyatakan kecepatan dan rotasinya, dimulai dari keadaan diam.
Kata sifat kinetik berasal dari bahasa Yunani Kuno, Kinesis yang artinya gerak.
Energi kinetik benda sama dengan jumlah usaha yang diperlukan untuk menyatakan kecepatan dan rotasinya, dimulai dari keadaan diam.

Contoh energi kinetik dalam kehidupan sehari-hari :
a. Bola menggelinding di lantai rumah.
b.truk sedang melajudi jalan
c.Bola yang dilempar.
d. sepeda motor yang berjalan di jalan.

Energi getaran adalah energi kinetik yang disebabkan ketika sebuah benda bergetar, atau mengalami gerakan getaran. Contoh ini akan menjadi ponsel yang bergetar. Ponsel itu akan bergerak sedikit ketika menerima panggilan, dan dengan demikian energi yang diciptakan dari getaran adalah energi getaran kinetik.

Energi rotasi kinetik adalah energi yang disebabkan ketika sebuah benda sedang mengalami gerak rotasi atau gerakan. Roda pada sepeda bergerak misalnya energi kinetik rotasi. Bumi juga seperti berputar pada porosnya dalam keadaan konstan energi kinetik rotasi.

Energi kinetik translasi adalah energi kinetik yang paling sering dibahas. Ini adalah energi yang terjadi ketika sebuah benda bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya, sepak bola yang baru saja ditendang adalah energi kinetik translasi.
Jumlah energi kinetik yang objek bergerak memiliki tergantung pada seberapa berat benda tersebut dan seberapa cepat bergerak. Semakin besar massa benda dan kecepatan yang lebih besar, energi kinetik lebih memiliki. Dengan kata lain, lebih berat dan lebih cepat objek akan memiliki lebih banyak energi kinetik dari benda lambat yang ringan dalam berat.

Terimakasih telah membaca artikel yang berjudul Pengertian Energi Kinetik dan Contoh-contohnya dari Pustaka Angga semoga bermanfaat bagi kita semua.
Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment

Script Histats disini / Script Lainnya