Monday, September 5, 2016

Essai Tentang Tata Ruang "MENJADIKAN PASAR TRADISIONAL YANG TERKESAN MODERN DAN MENARIK DENGAN KONSEP EVENTS"

Essai Tentang Tata Ruang "MENJADIKAN PASAR TRADISIONAL YANG TERKESAN MODERN DAN MENARIK DENGAN KONSEP EVENTS"Essai Tentang Tata Ruang "MENJADIKAN PASAR TRADISIONAL YANG TERKESAN MODERN DAN MENARIK DENGAN KONSEP EVENTS"
Essai Tentang Tata Ruang "MENJADIKAN PASAR TRADISIONAL YANG TERKESAN MODERN DAN MENARIK DENGAN KONSEP EVENTS"

Esai adalah suatu tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya. Dalam pembuatan Essai ini banyak diperlombakan, mulai dari tingkat Kabupaten/Kota hingga tingkat Internasional. Dalam kesempatan ini Pustaka Angga akan menjabarkan Essai dari Gede Angga Wiraabhuwana Ramaputra, salah satu peserta Lomba Essai yang bertemakan Tata Ruang. Essai karya saya ini berjudul "menjadikan Pasar Tradisional Yang Terkesan Modern dan Menarik dengan Konsep Events" . Untuk selanjutnya Essai ini dapat dilihat sebagai berikut :

PENDAHULUAN
Di era globalisasi seperti sekarang ini, banyak ditemukan pasar-pasar modern seperti swalayan dan supermarket, yang lebih menarik banyak minat masyarakat pada era ini. Sementara di sisi lain pasar tradisional yang masih memegang kuat tradisi dari nenek moyang, telah terabaikan keberadaannya. Masyarakat pada zaman ini lebih mementingkan gengsi belaka dalam urusan berbelanja, barang-barang yang dipilih oleh masyarakat adalah barang-barang yang boleh dikatakan memiliki brand yang terkenal.Barang-barang ini jarang ditemukan pada pasar tradisional, atau mungkin barang-barang tersebut hanya dijual di pasar modern. Jika dibandingkan dengan zaman dulu  zamannya Soekarno sekitar tahun 1945-1960 pasar modern belum ada di Indonesia, dan masyarakat menyenderkan dirinya pada pasar tradisional di zaman itu.

Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. Kebanyakan menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur-sayuran, telur, daging, kain, pakaian barang elektronik, jasa dan lain-lain.Selain itu, ada pula yang menjual kue-kue dan barang-barang lainnya. Pasar seperti ini masih banyak ditemukan di Indonesia, dan umumnya terletak dekat kawasan perumahan agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar. Beberapa pasar tradisional yang "legendaris" antara lain adalah pasar Beringharjo di Yogyakarta, pasar Klewer di Solo, pasar Johar di Semarang. Pasar tradisional di seluruh Indonesia terus mencoba bertahan menghadapi serangan dari pasar modern (www.wikipedia.com).

Seiring dengan perkembangan zaman yang kian pesatnya, akibat dari perkembangan teknologi, berakibat masyarakat lebih tertarik untuk melakukan kegiatan berbelanja di pasar modern.Memang, banyak kelebihan dari pasar modern yang sangat menguntungkan seperti fasilitas yang modern dengan teknologi, kebersihan yang terjaga, serta barang-barang yang masih terjaga kualitasnya. Banyak pasar-pasar modern yang dibangun di Indonesia dari tahun ketahun semakin bertambah jumlahnya. Akibatnya pasar tradisional semakin terdesak keberadaannya akbiat dari perkembangan pasar modern yang bekitu pesat itu.

PEMBAHASAN
Jika didefinisikan pasar mengandung arti bahwa pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Pasar merupakan salah satu wadah dalam melaksanakan kegiatan perekonomian. Berdasarkan jenisnya pasar dapat dibagi menjadi 2 yaitu :
a.        Pasar Tradisional
Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar (www.wikipedia.com). Pasar tradisional pada umumnya hanya menjual  kebutuhan  pokok masyarakat di daerah tempatnya.
b.       Pasar Modern
Pasar modern tidak banyak berbeda dari pasar tradisional, namun pasar jenis ini penjual dan pembeli tidak bertransakasi secara langsung melainkan pembeli melihat label harga yang tercantum dalam barang (barcode), berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga (www.wikipedia.com.Pasar modern pada umumnya menjual seluruh kebutuhan masyarakat baik itu sandang, pangan, dan papan.Dan terjamin kualitasnya.
            Adapun perbedaan dari pasar modern dan tradisional secara umum adalah ;
a.      Jenis-jenis barang yang dijual pada pasar tradisonal terfokus pada kebutuhan sandang-pangan sehari-hari dan kebutuhan primer, sedangkan pasar modern jenis-jenis barang yang di jual adalah beragam dari barang-barang premis, subtitusi bahkan ekslusif.
b.     Penjual yang beraktifitas dalam pasar modern pada dasarnya telah memiliki pengalaman dalam pengatahuan bisnis sedangkan penjual yang beraktifitas dalam pasar tradisional hanya berharap pada nasib keuntungan
c.      Pasar modern menawarkan diskon dan freebies sedangkan pasar tredisional tidak ada
d.     Pasar modern lebih bersih dari pasar tradisional
e.      Pembeli yang datang pada pasar tradisional pada umumnya masyarakat menengah kebawah dan masyarakat berekonomi rendah. Sedangkan pembeli pada pasar modern umumnya masyarakat menengah ke atas dan masyarakat ekonomi tinggi
f.      Pembeli yang datang pada pasar modern berasal dari masyarakat setempat dan masyarakat luar daerah sedangkan pasar tradisional pembelinya hanya dari masyarakat setempat.
g.     Modal yang di milik oleh penjual di pasar modal jumlahnya relative besar sedangkan penjual di pasar tradisional memiliki modal yang relative rendah
h.     Pasar modern tidak dapat tawar menawar sedangkan pasar tradisional dapat tawar-menawar
Adapun keunggulan pasar tradisional dan modern secara umum adalah ;
Kelebihan pasar tradisional:
a.    Pasar tradisional merupakan pasar yang memiliki keunggulan bersaing yang alamiah dan khusus yang tidak dimiliki secara langsung oleh pasar modern
b.   Lokasi strategis yang biasa terletak di sekitar daerah pemukiman masyarakat dan area penjualan yang luas. Agar mudah dijangkau oleh masyarakat.
c.    Keragaman barang yang lengkap, harga yang rendah dan pasar tradisional lebih mengutamakan menjual kebutuhan sehari-hari seperti ikan, daging, buah, sayur-sayuran dan sebagainya.
d.   Adanya system tawar menawar yang menunjukkan sikap keakraban antara penjual dan pembeli,yang merupakan keunggulan tersendiri.
e.    Pasar tradisional juga merupakan pendongkrak perekonomian kalangan menengah kebawah,itu memberi efek kepada perekonomian negara,dimana negara ini memang hidup dari perekonomian berskala mikro dibandingkan makro.
Kelemahan pasar tradisional:
a.    Lokasi pasar yang kumuh dan kotor serta tidak teratur.
b.   Standar keamanan yang kurang terjaga.
c.    Banyak produk yang mayoritas diperjualbelikan oleh oknum pedagang yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan bahan kimia/ bahan berbahaya lainnya.
d.   Cara serta bentuk pengemasan di pasar tradisioanal yang kurang baik dan semakin hari semakin buruk membuat kurang di lirik oleh konsumen.
e.    Tingkat mutu atau kualitas setiap produknya tidak jelas.
 Kelebihan pasar modern:
a.    Pasar modern menyediakan lingkungan berbelanja yang lebih nyaman dan bersih, dengan jam buka yang lebih panjang, dan menawarkan aneka pilihan pembayaran seperti kartu kredit untuk peralatan rumah tangga berukuran besar.
b.   Tingkat keamanan yang tinggi, karena petugas keamanan berjaga setiap saat dan sudut ruangan/pasar modern.
c.    Barang yang dijual memiliki variasi jenis yang beragam,selain menjual barang lokal pasar modern juga menjual berbagain barang impor yang berkualitas.
d.   Dari segi kuantitas pasar modern memiliki persediaan barang yang terukur.
e.    Pasar modern Juga dikelola oleh pihak yang profesional dengan strategi manajemen pemasaran yang bagus.
Kelemahan pasar modern:
a.    Praktik jual belinya dimana konsumen tidak bisa tawar menawar harga barang yang hendak dibelinya,karena harga telah ditetapkan sebelumnya oleh manager pasar.
b.   Dalam pasar modern penjual dan pembeli tidak bertransaksi secara langsung. Pembeli melihat label harga yang tercantum dalam bar code, berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga.
Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa keberadaan pasar tradisional yang kian terdesak oleh adanya pasar modern diakibatkan oleh banyaknya kekurangan yang dimilki oleh pasar tradisional, membuat minat masyarakat di era globalisasi ini menurun, akibat dari perkembangan pasar modern yang semakin menjerumus kea rah yang positif. Apalagi pasar tradisional banyak mengalami masalah-masalah diantaranya :
a.    Pengaturan lalu lintas antara kendaraan bermotor, kendaraan tradisional maupun pejalan kaki.
b.   Penataan pedagang agar rapih tidak semrawut.
c.    Menata ruang yang nyaman antara pedagang dengan pembeli.
Akan  tetapi jika pasar tradisional dapat dikembangkan kualitasnya dalam segala aspek-aspek yang dapat meendukung berkembangnya pasar tradisional yang terkesan modern dan menarik, tanpa megurangi ciri khas dari pasar tradisional tersebut, maka permasalahan-permasalahan itu pun akan hilang. Jika hal-hal tersebut dapat tercapai maka akan membuat jati diri dari pasar tradisional menjadi  dapat kembali hidup. Demi terwujudnya hal itu, maka
a.    Sektor kebersihan
Pasar modern digemari oleh kalangan masyarakat luas karena pasar modern menjamin keyamanan pengunjung yang dating dengan kebersihannya, maka dari itu sector kebersihan menjadi salah satu kunci utama demi terwejudnya pasar tradisional yang menarik.Demi terciptanya lingkungan pasar tradisional yang bersih maka perlu adanya pembentukkan badan kebersihan yang dibentuk oleh pemerintah selaku pimpinan organisasi pasar. Dengan adanya pengontrolan/agen kebrsihan di pasar tradisional, maka kebersihan dari pasar tradisional pun semakin dapat terjaga
b.   Sektor keamanan
Tempat jual beli yang baik adalah tempat jual beli yang memiliki keamanan yang dapat dipertanggung jawabkan. Pada umumnya pasar tradisional memiliki tingkat keamanan yang rendah hal ini dibuktikan dengan adanya kejadian-kejadian seperti penjambretan dan pencurian,  jika dibandingkan dengan pasar modern yang sangat aman, karena banyaknya petugas yang menjaga setiap seudut dari pasar modern. Maka dari itu perlu adanya pembentukkan petugas keamanan yang bertugas untuk mengawasi setiap kegiatan yang dilakukan pada pasar tradisional.Dengan adanya petugas keamanan ini maka masyarakat/pengunjung tidak merasa takut untuk berbelanja di pasar tradisional.
c.      Sektor pedagang
Pada era ini masyarakat lebih memilih untuk berbelanja di pasar modern, Karena barang-barang yang dijual sangat lengkap.Atas dasar tersebut memudahkan masyarakat/pengunjung untuk membeli sesuatu tanpa harus pergi ke mana-mana. Pasar tradisional pun harus mengupayakan hal tersebut dengan cara pemerintah harus mengupayakan/mempromosikan para pedagang agar dapat berjualan di pasar tradisional, maka dari itu barang-barang yang dijual di pasar tradisional semakin bergam jenisnya.
d.     Sektor kualitas
Di pasar modern menjual barang-barang yang bermutu tinggi dan sangat berualitas baik itu berupa sandang, pangan, dan papan memiliki kualitas yang tinggi.Jika dibandingkan dengan pasar tradisional yang pedagangnya tidak disiplin dengan barang dagangannya, maka hal ini juga berpengaruh pada kualitas dagangan pasar tradisional.Jadi masyarakat pun pasti lebih memilih untuk berbelanja di pasar tradisional.Hal  yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah membentuk badan pengwas barang dagangan di pasar tradisional, yang bertugas untuk mengecek barang-barang dagangan yang dijual di pasar tradisional agar masih terjaga kualitasnya.
e.      Sektor penataan
Penataan adalah salah satu factor yang sangat penting demi menarik minat masyarakat, hal ini terbukti dari penataan pasar modern yang sangat baik dapat menarik minat, banyak masyarakat. Seperti ruang pasar modern yang bertingkat, berescalator, pencahayaan yang cukup, beratap, udara yang segar, terdapat fasilitas yang mendukung seperti meja, kursi, ATM, toilet umum, arena bermain, dll. Hal ini dapat menunjang kenyamanan masyarakat/pengunjung. Jadi pemerintah harus berpaya keras demi terwujudnya lingkungan pasar tradisional yang terkesan modern dan menarik dengan adanya penataan ruang. Hal yang dilakukan demi penataan ruang yang baik, adalah membangu/membentuk arstitektur pasar tradisional yang baik dan terkesan modern dan menarik, dan melengkapi pasar tradisional dengan fasilitas-fasilitas umum yang dapat menunjuang kenyamanan masyarakt/pengnjung. Jadi minat masyarakt pada pasar tradisional akan semakin meningkat.

Demi terciptanya pasar tradisional yang terkesan modern dan menarik, maka pemerintah harus mengupayakan kelima hal tersebut.Pasar tradsisional yang baik adalah pasar tradsisional yang dapat memenuhi/melaksanakan program kebersihan, keamanan, pedagang, kualitas, serta penataan. Pasar tradisional juga harus bekerja sama dengan pedagang, dengan adanya kerjasama tersebut maka tujuan menciptakan pasar tradisional yang terkesan modern dan menarik akan mudah untuk diwujudkan.

Pasar tradisional yang menarik akan banyak menarik minat dari masyarakat, salah satu strategi dalam mewujudkan pasar tradsisional yang menarik adalah penataan melalui suatu konsep yaitu konsep ivents. Konsep Events adalah suatu cara/metode yang digunakan demi mencapai sesuatu dengan mengadakan acara-acara. Metode ini banyak digunakan pada saat berlangsungnya kegiatan-kegiatan bazar dan pameran.Konsep Events ini dapat menarik banyak simpati dari pengunjung. Jika konsep ini diterapkan dalam berlangsungnya kegiatan pasar tradisional, maka pasar tradisional akan terkesan menarik dan dapat meningkatkan jumlah pengunjung sehingga kedudukan pasar tradisional dapat terbebas dari desakan pasar modern. Konsep ivents ini diterapkan di pasar secara rutin,adapun kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan di pasar antara lain adalah :
a.        Festival
Festival dapat diartikan sebagai perlombaan seperti pekan gembira dalam rangka memperingati peristiwa bersejarahatau sebuah acara meriah yang diadakan dalam rangka memperingati sesuatu. Dengan adanya suatu festival yang diadakan di pasar tradisional, selain dapat menarik simpati dari pengunjung/masyarakat kegiatan ini juga dapat meningkatkan semangat para pedagang di pasar dalam mempromosikan barang dagangannya.Demi terciptanya kegiatan festival yang rutin dilaksanakan di pasar tradisional maka perlu adanya suatu organisasi yang bergerak di bidang event organizer (pengelolaan suatu kegiatan).
b.       Pameran dagang
Sebuah pameran dagang atau expo adalah sebuah pameran yang diadakan sehingga perusahaan dari industri tertentu dapat memamerkan dan mendemonstrasikan produk dan layanan terbaru mereka, mempelajari aktivitas pesaing dan mengikuti tren dan kesempatan baru.Pameran ini banyak diadakan pada event-event besar.Selain menambah jumlah pengunjung yang dating ke pasar tradisional, para pedagang juga dapat mempromosikan baran dagangannya dengan persaingan yang baik.Agar kegiatan ini dapat dilaksanakan maka event organizerlah yang bertugas untuk mempersiapkan hal ini.

Diharapkan kegiatan ini dapat dilakukan oleh pasar tradisional dengan rutin, demi menjaga ketertarikan pengunjung unntuk dating ke pasar tradisional.Tidak hanya terlaksana tetapi dapat memberi efek yang positif terhadap perkembangan dari pasar tradisional itu sendiri. Demi terwujudnya kegiatan events yang berjalan dengan lancer maka, adapun hal yang perlu di perhatikan adalah :
a.        Menyusun dan menentukan tema events
Dalam terlaksananya events yang menarik dibutuhkanlah sebuah tema dan konsep acara yang dapat menjadi salah satu faktor utama yang menentukan kesuksesan sebuah event. Konsep yang menarik dan unik tentunya juga akan memberikan kesan tersendiri terhadap orang-orang yang terlibat dalam acara yang Toppers selenggarakan. Lakukanlah brainstorming ide bersama dengan semua anggota tim yang akan kamu libatkan dalam acara ini..
b.       Membuat perencanaan anggaran yang pasti
Untuk merencanakan sebuah event, jangan lupa pula untuk melakukan budgeting agar kamu tahu mengenai gambaran biaya operasional yang kamu butuhkan untuk acara tersebut. Dengan anggaran pasar tradisional Buatlah list apa saja yang diperlukan, mulai dari perlengkapan yang harus dibeli hingga kisaran harga tempat yang ingin kamu sewa untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.
c.        Membuat jadwal yang pasti
Pembuatan jadwal sangat penting dalam terlaksananya kegiatan yang lancar. Maka dari itu agar kegiatan events di pasar tradisional dapat berjalan sesui dengan rencana perlu dibutlah jadwal kegiatan.
d.       Pembagian tugas oleh event organizer
Agar pelaksanaan events oleh event organizer dapat dilaksanakan dengan cepat dan terkendali, maka event organizer wajib membagi tugas-tugasnya.

Itulah penjelasan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan agar konsep events ini dapat berjalan dengan lancar, dapat memberi dampak positif terhadap kemajuan pasar tradisional, sehingga dapat terciptanya pasar tradisional yang  terkesan  modern  dan  menarik.

PENUTUP
Di era globalisasi yang semakin lekat dengan teknologi, menyebabkan adanya perubahan besar terhadap ekonomi. Pasar tradisional yang masih lekat dengan kebudayaan semakin terdesak keberadaanya akibat dari pasar modern yang kaya dengan adanya teknologi, disamping itu masyarakat juga lebih tertarik untuk berbelanja di pasar modern. Kinerja pasar modern memang sangat baik jika dibandingkan dengan pasar tradisional, akibatnya keberadaan pasar tradisional semakin terdesak dengan adanya pasar modern.Kekurangan pasar tradisional ini diakibatkan oleh kurangannya penataan oleh pemerintah/instansi terkait (Ketua Pasar), maka dari itu perlu adanya pembenahan/penataan dari pasar tradisional untuk mengembalikan jati diri dari  pasar  tradisional  yang  semakin menghilang.
Keberadaan pasar tradisional dapat ditingkatkan dengan adanya pembenahan dan penataan yang baik terhadap pasar tradisional dengan visi yaitu “Menjadikan pasar tradisional yang terkesan modern dan menarik dengan konsep events” maka perlu adanya gerakkan yaitu penataan terhadap pasar tradisional sehingga menghasilkan kesan modern serta menjadikan pasar tradisional yang menarik melalui konsep events. Pasar tradisional yang tradisional yang terkesan modern dan menarik tercipta dengan adanya beberapa pembenahan sector diantaranya :kebersihan, keamanan, pedagang, kualitas, dan penataan. Jika kelima sector itu dapat diupayakan keberhasilannya, maka pasar tradisional yang sebelumnya terkesan kumuh akan menjadi pasar tradisional yang terkesan modern dan menarik tanpa mengurangi ciri khas dari pasar tradisional. Pasar tradisional yang menarik dengan konsep events tercipta dengan adanya events yang rutin dilaksanakan di pasar tradisional seperti : Festival, dan pameran dagang. Diharapkan dengan adanya konsep events ini dapat menarik minat para pengunjung pasar agar lebih memilih untuk datang ke pasar tradisional dibandingkan pasar modern, selain itu kegiatan ini juga dapat meningkatkan rasa persaingan yang sehat, kreatifitas para pedagang, dan kerjasama yang baik, antar warga pasar. Kedua visi tersebut yaitu “Menjadikan pasar tradisional yang terkesan modern dan menarik dan menarik dengan konsep events” akan tercipta dengan adanya rasa persaudaraan, persatuan, dan kerjasama antar warga pasar. Sehingga dapat mengembalikan citra/jati diri dari pasar tradisional dan dapat keluar dari desakan pasar modern.




Demikian penjabaran mengenai  Essai dari Gede Angga Wiraabhuwana Ramaputra, yang berjudul "menjadikan Pasar Tradisional Yang Terkesan Modern dan Menarik dengan Konsep Events" . Terimakasih atas kunjungannya, semoga Essai ini dapat bermamfaat bagi kita semua.



Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment

Script Histats disini / Script Lainnya