Thursday, December 11, 2014

Biografi Anies Baswedan (Mendikbud RI Ke-26)


Gambar Bapak Anies Baswedan : Wikipedia

Hai Sobat Pustaka Angga yang bersemangat, kali ini kami akan memposting Biografi salah satu tokoh Pendidikan yang menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang ke-26. Biografi Anies Baswedan.

Anies Rasyid Baswedan Ph.D.,atau akrab dipanggil Anies Baswedan  lahir di Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969; umur 45 tahun, ia adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ke-26. Ia adalah seorang akademisi asal Indonesia. Cucu dari pejuang kemerdekaan Abdurrahman Baswedan,
  Beliau menginisiasi gerakan Indonesia Mengajar dan menjadi rektor termuda yang pernah dilantik oleh sebuah perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 2007, saat menjadi rektor Universitas Paramadina pada usia 38 tahun. Bagi Baswedan, usia dan kepakaran memang tidak perlu berjalan sejajar. Menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada. Pada usia 36 tahun, gelar Doktor dalam Ilmu Politik dari Northern Illinois University sudahdisandang, demikian juga gelar Master dari School of Public Policy, University of Maryland beberapa tahun sebelumnya.
Pendiri gerakan Indonesia Mengajar ini juga berhasil menyandang segudang penghargaan tingkat dunia. Majalah Foreign Policy terbitan Amerika Serikat menyebut nama Anies Baswedan sebagai salah satu dari 100 Tokoh Intelektual Publik Dunia pada 2008 lalu. Setahun berikutnya, giliran lembaga World Economic Forum (WEF) menyebut pakar, pengamat dan peneliti muda kelahiran 1969 ini sebagai satu dari Pemimpin Muda Dunia Global pada 2009.

Tidak cukup itu, pada 2010 lalu, Anies Baswedan bahkan memenangi 3 penghargaan internasional sekaligus, masing-masing dari Majalah Foresight terbitan Jepang yang menamai sosoknya sebagai satu dari '20 Pemimpin Masa Depan Dunia', lembaga International Policy Studies (IIPS) Jepang ' menganugerahi Nakasone Yasuhiro Awards dan lembaga Royal Islamic Strategic Studies Centre yang bermarkas di Yordania turut menyebut Baswedan sebagai '500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia'.Adapun penghargaan-penghargaan yang diperoleh Anies adalah sebagai berikut :

PENGHARGAAN
  • (1987) AFS Intercultural Program, Milwaukee High School, Wisconsin, AS
  • (1993) JAL Scholarship
  • (1997-1998) Fulbright Scholarship
  • (1998) William P Cole III Fellowship, Universitas Maryland
  • (1998) ASEAN Students Assistance Awards Program
  • (1999-2003) Indonesian Cultural Foundation Scholarship
  • (2004-2005) Gerald Maryanov Fellow, Northern Illinois University
  • (2005) William P. Cole III Fellow di Maryland School of Public Policy, ICF Scholarship, dan ASEAN Student Award
  • (2008) 100 Intelektual Publik Dunia versi Foreign Policy
  • (2009) Young Global Leaders versi Economic Forum
  • (2010) 20 Pemimpin Masa Depan Dunia versi majalah Foresight
  • (2010) Nakasone Yasuhiro Awards oleh International Policy Studies (IIPS)
  • (2010) 500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia versi Royal Islamic Strategic Studies Centre

Karya Tulis :
Riset: Kebijakan Nilai Tukar Rupiah
Spesialisasi : International Economic and Security Policy

Desentralisasi dan Pola Demokrasi di Indonesia, Promotor : Prof. Dwight KingSpesialisasi :
1. Public Policy;
2. Political Economic and Development,
3. Comparative Politics



Demikian Posting kami tentang bapak Mendikbud Indonesia ke-26, jika terdapat kesalahan dalam penulisan kalimat atau kata kami memohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatian pembaca kami ucapkan terimakasih. Salam “Pustaka Angga”

Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment

Script Histats disini / Script Lainnya