Monday, December 8, 2014

Biografi Sir Isaac Newton (Penemu Gaya Gravitasi)


 Gambar Isaac Newton : Wikipedia

 Hai sobat Pustaka Angga, kali ini kami akan memposting salah satu tokoh dunia yang berhasil menemukan gaya Gravitasi Bumi. Sir Isaac Newton....  

Sir Isaac Newton lahir di Woolsthorpe-by-Colsterworth, Lincolnshire, 4 Januari 1643 – meninggal 31 Maret 1727 pada umur 84 tahun dan dimakamkan dimakamkan dengan penuh penghormatan di Westminster Abbey.  Sir Isaac Newton adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, dan teolog yang berasal dari Inggris. Ia merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik. Pada usia 12 hingga 17 tahun, Newton mengenyam pendidikan di sekolah The King's School yang terletak di Grantham. Keluarganya mengeluarkan Newton dari sekolah dengan alasan agar dia menjadi petani saja, bagaimanapun Newton tidak menyukai pekerjaan barunya. Kepala sekolah King's School kemudian meyakinkan ibunya untuk mengirim Newton kembali ke sekolah sehingga ia dapat menamatkan pendidikannya. Newton dapat menyelesaikan sekolah pada usia 18 tahun dengan nilai yang memuaskan.


Pada  Bulan Juni tahun 1661, Newton diterima di Trinity College Universitas Cambridge. Pada saat itu, ajaran universitas didasarkan pada ajaran Aristoteles, namun Newton lebih memilih untuk membaca gagasan-gagasan filsuf modern yang lebih maju seperti Descartes dan astronom seperti Copernicus, Galileo, dan Kepler. Pada tahun 1665, ia menemukan teorema binomial umum dan mulai mengembangkan teori matematika yang pada akhirnya berkembang menjadi kalkulus. Segera setelah Newton mendapatkan gelarnya pada Agustus 1665, Universitas Cambridge ditutup oleh karena adanya Wabah Besar. Walaupun dalam studinya di Cambridge biasa-biasa saja, studi privat yang dilakukannya di rumahnya di Woolsthorpe selama dua tahun mendorongnya mengembangkan teori kalkulus, optika, dan hukum gravitasi. Setelah menyelesaikan pendidikan di Universitas Cambridge ia mulai menulis buku dan mengembangkan teori-teori tentang Matematika dan Ilmu Astronomis Dunia.

Lebih dari 20 tahun lamanya ia sangat produktif dan pada usia 45 tahun ia menerbitkan karyanya yang terkenal  Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (Mathematical Principle of Natural Philosophy), atau biasa disingkat dengan Principia. Dalam buku ini ia menuliskan hukum-hukumnya tentang gerak bersama-sama dengan teori gravitasi. Penerbitan Principia ini didanai oleh sahabatnya, Edmund Halley, yang menggunakan teori Newton untuk meramalkan kembalinya komet Halley.

Nah demikian Posting kami tentang “Sir Isaact Newton” jika ada kata-kata yang kurang berkenan bagi pembaca Kami Pustaka Angga memohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya Kami Ucapkan Terima kasih.
Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment

Script Histats disini / Script Lainnya