Monday, May 4, 2015

7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional

7 Prinsip Dasar Gerakan Palng Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional
7 Prisnsip Dasar

Dalam menjalankan misinya Gerakan tidak boleh terpengarui oleh kepentingan apapun, oleh karena itu sangat diperlukan adanya prinsip dasar yang dapat dijadikan pedoman dan landasan moril bagi kehidupan organisasi yang diakui dan dihormati secara internasional. Kali ini PustakaAngga akan memaparkan tentang “7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan BulanSabit Merah internasional”.
Pada tahun 1921, Komite Internasional Palang Merah atau ICRC mencoba menyusun Prinsip Dasar yang dirasa perlu sebagai dasar dalam setiap tindakan gerakan. Teks inilah yang menjelma menjadi prinsip-prinsip dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yang diplroklamirkan dalam konfrensi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional di Wina-Austria tahun 1965, yaitu :

KEMANUSIAAN
Perhimpunan Nasional didirikan berdasarkan keinginan untuk memberikan pertolongan tanpa membedakan korban yang terluka dan menumbuhkan rasa saling pengertian.

KESAMAAN (PERLAKUAN)
Pertolongan yang diberikan tujuannya untuk mengurangi penderitaan menusia sesuai dengan kebtuhannya dan mendahulukan keadaan yang paling parah.

KENETRALAN
Agar setiap saat mendapat kepercayaan dari semua pihak, Perhimpunan nasional tidak boleh melibatkan diri dalam pertentangan, maupun memihak.

KESUKARELAAN
Faktor utama kesukarelaan adalah bahwa pelaksanaan bantuan bukanlah dengan keinginan untuk memperoleh keuntungan finansial namun dengan komitmen pribadi dan kesetiaan terhadap tujuan kemanusiaan.

KESATUAN
Prinsip kesatuan secara khususnya berhubungan dengan struktur institusi dari Perhimpunan Nasional. Peraturan Pemerintah biasanya menyatakan bahwa Perhimpunan tersebut merupakan satu-satunya Perhimpunan Nasional yang dapat melaksanakan kegiatan Gerakan di negaranya
  1. Hanya boleh ada satu perhimpunan Nasional di suatu negara.
  2.  Tidak ada diskriminasi dalam perekrutan anggota.
  3.  Melaksanakan tugas kemanusiaan di seluruh wilayah
KESEMESTAAN
Setiap Perhimpunan Nasionalmempunyai hak dan tanggung jawab yang sama dalam menolong sesama manusia. Setiap Perhimpunan Nasional memiliki satu suara, kesamaan status dan hak dalam gerakan.
  1. Semua Perhimpunan Nasional mempnyai status yang setara.
  2. Tanggung jawab dan kewajiban yang sama dalam membantu satu sama lain, meliputi seluruh dunia.
  3.   Status dan hak Perhimpunan Nasional memiliki suatu suara. Hal ini mana Melarang pemberian hak suara istimewa maupun kusi tetap kepada Perhimpunan Nasional tertentu.
Itulah 7  Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan bulan Sabit Merah Internasional. Terimakasih telah membaca artikel dari PustakaAngga yang bersumber dari : Buku “Mengenal Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional Edisi I. Jakarta: JUNI 2008 PMI Pusat.
Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment

Script Histats disini / Script Lainnya