Wednesday, May 6, 2015

Struktur Batang dan Akar Tumbuhan (IPA Kelas 3-5)

Struktur Batang dan Akar

Nah sobat Pustaka Angga, kali ini  Pustaka Angga akan memaparkan materi tentang Struktur Batang dan Struktur Akar untuk SD Kelas 3-5, Sebagai berikut:


Struktur Batang

Kulit Kayu/Lapisan Epidermis : Pada umumnya keras dan berwarna coklat. Merupakan pelindung batang dari cuaca, juga dari serangga yang suka merusak atau memakan kayu.

Pembuluh Xilem : Sebagai jalur pengangkutan air dan mineral dari akar menuju daun, yang digunakan untuk proses pembuatan makanan (Fotosintesis)

Kambium Intervasikuler (Terletak di antara pembuluh Xilem dan Floem) : berfungsi untuk memperbanyak xilem dan floem selama proses pertumbuhan Pohon, sehingga semakin tua Batang tanaman kayu maka akan semakin besar pula Pohonnya.

Pembuluh tapis (Floem) : sebagai jalur dalam mengedarkan makanan yang telah dimasak di daun, ke seluruh bagian tumbuhan untuk melakukan aktivitas pertumbuhan.
Inti Batang : merupakan bagian/tempat penyimpanan cadangan makanan dan air .

Struktur Akar

Epidermis : merupakan lapisan paling luar yang berfungsi untuk mencari dan menyerap zat-zat mineral dan air dari dalam tanah.

Kortek : merupakan tempat menyimpan zat-zat makanan yang telah dimasak (Fotosintesis)

Endodermis : Endodermis bertugas dalam membantu mengontrol pergerakan air dan zat-zat mineral di dalam jaringan.

Xilem : Xilem bertugas untuk mengangkut air dan zat-zat mineral dari akar menuju ke daun untuk dimasak.

Floem : Floem bertugas untuk mengedarkan zat makanan yang telah dimasak oleh daun melalui proses Fotosintesis, ke seluruh bagian tanaman.

Terimakasih telah membaca artikel tentang “Struktur Batang dan Akar (IPA Kelas 3-5) dari Pustaka Angga.
Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment

Script Histats disini / Script Lainnya