Saturday, May 9, 2015

Pengertian dan Struktur Teks Ekplanasi (Bahasa Indonesia Kelas 7)

Pengertian dan Struktur Teks Ekplanasi
Teks Eksplanasi

Hai sobat,kali ini Pustaka Angga akan memposting tentang Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya sebagai berikut :


Teks merupakan media siswa untuk menuliskan isi dan manfaat yang ada dalam teks tersebut. Teks eksplanasi adalah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial. Pada kesempatan kali ini Pustaka Angga akan sedikit mengulas mengenai pengertian teks eksplanasi dan struktur teks eksplanasi.Teks ini disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum , deretan penjelasan , dan interpretasi atau penutup. Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang dibicarakan. Bagian deretan penjelasan berisi urutan uraian atau penjelasan tentang peristiwa yang terjadi. Sementara itu, bagian interpretasi berisi pendapat singkat penulis tentang peristiwa yang terjadi. Bagian ini merupakan penutup teks eksplanasi yang boleh ada atau tidak ada. 

Pernyataan Umum, Berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Penjelasan umum yang dituliskan dalam teks ini berupa gambaran secara umum tentang apa, mengapa, dan bagaimana proses peristiwa alam tersebut bisa terjadi.

Deretan Penjelasan, Berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta dan bisa terdiri lebih dari satu paragraf. Deretan penjelas mendeskripsikan dan merincikan penyebab dan akibat dari sebuah bencana alam yang terjadi. 

Interpretasi , Teks penutup yang bersifat pilihan, bukan keharusan. Teks penutup yang dimaksud adalah, teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Opsionalnya dapat berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.

Menulis teks eksplanasi merupakan sebuah komponen yang dibelajarakan dalam suatu proses belajar mengajar. Kegiatan menulis teks ini merupakan kegiatan dari hasil pengamatan siswa mengenai teks tersebut. Hasil akhir dari sebuah pembelajaran adalah menulis hasil observasi siswa mengenai teks  ini, baik isi, struktur, maupun kebahasaan yang terdapat dalam teks eksplanasi

Terima kasih karena telah membaca artikel yang berjudul "Pengertian dan Struktur Teks Ekplanasi" dari Pustaka Angga, semoga bermanfaat bagi kita semua.



Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment

Script Histats disini / Script Lainnya