Sunday, May 3, 2015

Materi Tentang Ekosistem (IPA VII)

Materi Tentang Ekosistem

Didalam kehidupan kita dapat lepas dari yang namanya hubungan, secara teori Hubungan timbal balik antara komponen-komponen disebut Ekosistem, kali ini Pustaka Angga akan memberikan Materi tentang Ekosistem sebagai berikut.

Ekosistem tersusun oleh dua komponen, yaitu lingkungan fisik atau makhluk tidak hidup (komponen abiotik) dan berbagai jenis makhluk hidup (komponen biotik ). Berbagai jenis makhluk hidup tersebut dapat dikelompokkan menjadi satuan-satuan makhluk hidup dan ekosistem merupakan salah satunya. Secara langsung maupun tidak langsung Mahluk Hidup membuthkan sesuatu dari komponen lainnya sepeti contoh Manusia membutuhkan air untuk bertahan hidup. Komponen biotik merupakan komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari makhluk hidup, contohnya tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme. Komponen abiotik merupakan komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari semua benda mati, contohnya air, tanah, cahaya, dan udara. 

Organisasi Kehidupan Dalam Ekosistem
Didalam ekosistem komponen biotik terdiri dari organisme yang saling mengadakan interaksi. Akibat dari adanya interksi ini memenculkan adanya organisasi kehidupan. Organisasi kehidupan yang terkecil sampai yang terbesar, adalah sebagai berikut : individu-populasi-komunitas-bioma-biosfer.

Individu adalah makhluk hidup tunggal yang secara otonom dapat melakukan proses-proses hidup secara mandiri. Untuk mempermudah memahami kriteria individu makhluk hidup
Populasi adalah kumpulan dari individu-individu yang terdiri dari satu spesies yang secara bersama-sama menempati luas wilayah yang sama, mengandalkan sumberdaya yang sama.
Komunitas adalah kumpulan dari beberpa populasi yang saling berinteraksi, menempati suatu daerah, dan dalam waktu tertentu.setiasp komunitas berbeda-beda dalam hal kekeyaan spesies (species richness) jumlah spesies yang mereka miliki dan kelimpahan relative spesies (relative abundance). 
Ekosistem adalah kesatuan fungsional antara makhlukhidup dengan lingkungan.
Bioma adalah kesatuan ekosistem-ekosistem dalam sekala yang luas yang dibedakan berdasarkan iklim. 
Biosfer adalah kesatuan ekosistem-ekosistem yang berda diseliruh permukaan bumi
Dalam Ekosistem kita mengenal dengan adanya Rantai Makanan, Jaring-jaring Makanan, dan Piramida Makanan. Apa arti dari hal tersebut ? bisa disimak dibawah ini.


1.      Rantai Makanan



Contoh Gambar Rantai Makanan : sukasains.com


Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu. Dalam rantai makanan ada makhluk hidup yang berperan sebagai produsen,  konsumen, dan dekomposer.  Berikut adalah contoh sebuah rantai makanan.


2.      Jaring-Jaring Makanan
Contoh Gambar Jaring-jaring Makanan : sukasains.com

Rantai makanan merupakan gambar peristiwa makan dan dimakan yang sederhana.  Kenyataannya dalam satu ekosistem tidak hanya terdapat satu rantai makanan, karena satu produsen tidak selalu menjadi sumber makanan bagi satu jenis herbivora, sebaliknya satu jenis herbivora tidak selalu memakan satu jenis produsen. Dengan demikian, di dalam ekosistem terdapat rantai makanan yang saling berhubungan membentuk suatu jaring-jaring makanan.


3.      Piramida Makanan

Contoh Gambar Piramida Makanan
 Contoh Gambar Piramida Makanan : sukasains.com
 
Misalkan jumlah katak pada contoh rantai makanan di atas dihilangkan, apa yang akan terjadi? Kemungkinan yang terjadi adalah jumlah belalang akan meningkat karena tidak ada pemangsanya. Kebalikannya jumlah ular akan berkurang karena tidak ada makanan. Yang terjadi berikutnya adalah belalang pun akan banyak yang mati karena jumlah rumput tidak bisa memenuhi kebutuhan makan belalang yang jumlahnya bertambah banyak. 

Terimakasih telah membaca artikel yang berjudul “Materi Tentang Ekosistem” dari Pustaka Angga yang dikutip dari : brainneiyudi.blogspot.com dan sukasains.com






Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment

Script Histats disini / Script Lainnya